PERTANDINGAN SELANJUTNYA : 6 AGUSTUS 2012, VALERENGA VS MANCHESTER UNITED 7 AGUSTUS 2012, MANCHESTER UNITED vs BARCELONA 11 AGUSTUS 2012, HANNOVER 96 vs MANCHESTER UNITED HASIL PERTANDINGAN : BRITANIA RAYA 3 vs 1 UEA (RYAN GIGGS ’16, SCOTT SINCLAIR ’73, DANIEL STURRIDGE ’76 - RASHED EISA ’60) SHANGHAI SHENHUA 0 VS 1 MANCHESTER UNITED (SHINJI KAGAWA'68) TRANSFER : THE DAILY STAR SUNDAY MENYATAKAN VAN PERSIE BERSEDIA MERAPAT KE OLD TRAFFORD DENGAN CATATAN MENDAPAT GAJI SETARA DENGAN WAYNE ROONEY (£220.000 per pekan)

06 July 2012

United Bisa Raup US$ 1 Miliar Jika Jual Saham di Asia

Informasi Berita Manchester United id, MUFC
Manchester United bisa meraup dana lebih tinggi jika melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) di bursa Singapura. Tapi keluarga Glazer malah memilih Wall Street di Amerika Serikat (AS).

Jika klub sepakbola berjuluk 'setan merah' itu memilih indeks Straits Times di Singapura, maka dana yang diraup bisa mencapai US$ 1 miliar (Rp 9 triliun), ketimbang dana IPO di New York Stock Exchange (NYSE) yang hanya US$ 100 juta (Rp 950 miliar).

Belum jelas alasan United akhirnya memilih AS daripada Singapura. Dalam dokumen IPO yang diserahkan ke Securities and Exchange Commission, United berkilah situasi pasar saham Asia saat ini sedang berfluktuatif dan kurang kondusif.

"Di Liga Primer, investasi terakhir yang dilakukan oleh pemegang saham kaya sudah bisa membantu keuangan klub sehingga bisa meningkatkan kinerja dan bersaing lebih baik lagi di liga Eropa," kata manajemen United dalam dokumen tersebut dikutip oleh Reuters, Jumat (6/7/2012).

Ini bukanlah pertama kali United masuk bursa. Pertama kali pernah dilakukannya pada 1992, sampai pada tahun 2005 United keluar dari lantai bursa setelah dibeli oleh keluarga Glazer melalui mekanisme LBO (leveraged buy-out).

Dana yang digelontorkan oleh keluarga Glazer mencapai US$ 1,2 miliar atau setara Rp 11 triliun untuk klub bola tersebut, dengan US$ 790 juta restrukturisasi utang. Utang ini yang akhirnya menambah jumlah utang United yang sebelumnya sudah ada.

Namun, belum apa-apa rencana IPO Manchester United ini sudah dipandang sebelah mata dan dianggap sama seperti IPO Facebook yang gagal. Keduanya bisa jadi mirip, sama-sama perusahaan besar yang dikenal luas, tapi tidak punya alasan yang jelas untuk memberikan nilai tambah terhadap investor dalam jangka panjang.

Nilai IPO-nya juga semakin menyusut setelah memilih listing di AS. Dana tersebut lebih kecil daripada jumlah yang diraih United ketika menjual Cristiano Ronaldo ke Real Madrid. Nilai transfernya waktu itu mencapai 80 juta poundsterling atau setara Rp 1,2 triliun. finance.detik


Ikuti juga perkembangan terbaru Manchester United dan Timnas Inggris, lewat social network Manchester United ID. Di Twitter @id_ManUnited dan Facebook ManUnitedId.

Koleksi video Manchester United, Final Champions leauge 1999

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca berita ini.
Apa komentar Anda..?


:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:

 
Copyright © 2011 Manchester United ID | Melia Blogger | Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha